***SELAMAT DATANG DI BLOG infomajenang*** NEWSTICKER Musim Hujan Datang Lagi NEWSTICKER

Din Syamsudin Panen Raya Padi Organik


Wanareja-Ketua umum PP Muhamadiyah Din Syamsudin menggelar panen raya padi organik di Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, Minggu (4/4). Selain itu, dia juga ikut memanen ikan gurami organik di kecamatan tersebut. Kegiatan itu dalam rangka Gebyar Muktamar Satu Abad Muhammadiyah.

Padi organik ditanam oleh Kelompok Tani Lestari Organik Desa Adimulya pada lahan seluas 12 hektare. Adapun gurami organik dibudidayakan oleh kelompok tani ikan Harapan Makmur Desa Limbangan. Din mengatakan, pertanian dan peternakan organik itu sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan. Bahkan, setidaknya ada sekitar 117 juta jiwa yang berpendapatan kurang dari Rp 20.000 per hari. Oleh karenanya, Muhammadiyah harus ikut andil dalam mengentaskan kemiskinan tersebut. "Muhammadiyah harus ikut turun tangan. Kalau masih banyak orang miskin, maka dakwah Muhammadiyah berarti tidak berhasil. Oleh sebab itu diperlukan adanya pemberdayaan masyarakat," katanya.

Mengenai sistem pertanian organik, Din memberikan apresiasinya. Pasalnya, pertanian organik mampu meminimalisasi biaya produksi. Petani tidak perlu mengaluarkan banyak biaya untuk membeli pupuk kimia. Disamping itu, beras organik lebih sehat, enak, dan tahan lama karena tidak terkontaminasi oleh bahan kimia.

Meski demikian, dia berpesan kepada Majelis Pemberdayaan Muhamadiyah (MPM) setempat untuk membantu persoalan-persoalan yang dialami petani organik. Salah satu persoalan mereka berkutat pada pemasaran beras organik dan serangan hama. "Saya minta kepada MPM dan MEM (Majelis Ekonomi Muhammadiyah) untuk membantu pemasarannya," pintanya. Sumber Suara Merdeka